Sunday, October 9, 2016

                       RUMAH KOSONG

                             HUTAN ANGKER BERHANTU eps 5


       Mereka terus melangkah dengan kaki yg sudah sangat capek. Lelah dan putus asa dari kejaran makhluk mengerikan itu. Saifuddin sudah sangat lelah menggendong gadis yg pingsan. 
        Tiba tiba ayu tersadar , dan dia heran kenapa bisa terbangun dalam keadaan tergendong, sejenak diingatnya kejadian sebelum dia pingsan. Dilihatnya Saifuddin yang kelelahan.
       "kamu sudah sadar ?" Saif lega.
       "i... iya .. aku turunin aja sekarang gapapa. Kamu pasti capek kan ?" ujarnya
       Joni melihat sesuatu dari kejauhan . Kemudian berjalan mendekatinya, ya , itu sebuah rumah.   Sebuah rumah yang cukup besar dengan desain kuno. Dengan cahaya remang remang , tampaknya hanya ada lampu temaram didalamnya.
       "heii, disini ada rumah'' katanya pada kawan kawannya.
       "iyaa bener...  kita mampir aja disitu. kali aja ada penghuninya, yg bisa nolong kita'' ujar safah.      
     
  Yosep tidak segera menyetujui keputusan kawan kawannya, karena ia curiga ada yang nggak beres pada rumah itu. Dia mengusulkan, supaya berjalan agak lebih jauh dari sini, lalu memasang tenda.
          "wah nggak bisa cup, kami udah capek banget nih... kita mampir aja disitu. Kakiku udah nggak sanggup jalan lagi nih " Safah menolak usulan Yosep.
          "fah , kamu kok nggak sopan banget sih .. " kritik Nova ,
          "ya udah mas, kami ikut aja apa kata pean. Lagian rumahnya kelihatan menakutkan kok "  lanjutnya , berkata pada Yosep.
          Mulailah timbul perdebatan. Yosep dan Nova mengajak teruskan berjalan. Sedangkan Safah dan Joni ingin mampir di rumah itu.  Saifuddin yg sudah kecapekan nggak bilang apa apa. 
         "yaudah , kalo kalian mau nerusin perjalanan silahkan.,   gua dan Joni akan ke rumah itu "  dengus Safa .
         "yaudah, sana periksa fa.   kami nunggu disini " jawab nova .
        "lu cuma mau enaknya sendiri va " balas safa.
        "kok sama sih panggilannya , kami kan jadi bingung .  Fa, Va , " gumam Saifuddin.
       "ayok Jo , kita masuk "   ajak Safa kepada Joni.
       "kamu duluan.... "  ujar Joni.
       "lho  ??? " heran safa.
       "bukan begitu maksudnya , aku ikutin kamu dibelakang , biar bisa ngawasin dan ngelindungin kamu "   jelas Joni.
       "sok sok an luu ...   gua tau ,  lu takut kaan ? " kata safa ketus.
       Safa segera menghampiri pintu rumah tersebut. Diikuti oleh Joni dibelakangnya. Sedangkan teman temannya yang lain mengawasi dari kejauhan. Pintu pun diketuknya perlahan lahan.
       "is there anybody there ? ''  kata Safa dengan bahasa inggris fasih. sambil mengetuk.
       "kamu ngomong apa sih ?   nggak ngerti nanti orangnya "  bisik Joni
       "apa ada orang ? "   terusnya.
        Nggak ada sahutan .  sepi .  tampaknya rumah ini kosong.
       Yosep datang menghampiri mereka ,  mencoba mengetuk pintu juga . Tapi tetap saja , nggak ada jawaban. Akhirnya karena jengkel , Yosep pun memegang handle pintu itu, dan membukanya.
      

 rumah misterius


 Pintu pun terbuka ,   dari dalam terpendar cahaya temaram dari sebuah lampu lentera yg redup. Suasananya benar benar sangat mencekam. Sebuah meja lusuh dan bangku bangku yg sudah agak rusak.  Juga ada beberapa lukisan aneh yang terpajang di dindingnya. 
       Dilihat dari arsitektur nya , ini tampak seperti rumah yg dibangun pada zaman belanda. "Mungkin ini dulunya adalah villa tempat beristirahat milik orang orang kaya " jelas yosep menganalisis.
        "lho , dulunya ?  ,  kalo begitu ini lampu punya siapa"  sangkal safa.
        Yosep pun mengangguk .  Prediksi Safa memang logis.  Adanya lampu di rumah ini menandakan kalo di malam ini rumah ini ada orangnya. Tapi kenapa susunan meja kursi dan lukisannya tampak berantakan sekali .  Belum lagi banyaknya sarang laba laba di sana sini.
       Saifuddin telah ada didepan pintu diluar ,  sambil membawa sangkar burung dan hendak masuk ke rumah itu.  Namun aneh,  saat mulai masuk,  tiba tiba burung jalaknya giras dan mengibak ngibakkan sayapnya dengan liar.  Sepertinya tidak mau diajak masuk rumah ini. Mia dkk. yang menyusul dibelakangnya pun keheranan.
       Kini mereka semua telah ada didalam rumah. Burung jalak yg terus giras terpaksa ditaruh di halaman., karena disitu justru dia tenang. Mia segera menggelar tikar untuk duduk,   sedangkan Joni ke dapur untuk memeriksa barangkali ada kompor yg bisa dipakai memasak.
      
Ya, tepat sekali ,  ternyata ada kompor di dapur.  Dan ada air juga di kamar mandi. Maka Joni pun memasak air untuk menyeduh kopi.   kebetulan disitu juga banyak gelas.
       "tuh kan , aku bilang juga apa,  disini ada orangnya ,  makanya , kalo dikasih tau nggak usah ngeyel ya cup... "    ujar Safa kepada Yosep.
       "siapa yang ngeyel ?   lu jangan asal nyalah nyalahin aja . iya deh lu emang bener kali ini,  tapi nggak usah nyalahin siapa siapa "  bela Mia untuk Yosep.
       "lu emang nggak ngerti sopan santun . sekolah bayar pake apa sih ?   pelajaran PPKN lu dulu pasti nol terus "   tambah Nova memojokkan juga
       "what ?   bukannya kalian yg nggak ngerti itu ?  .. aku ngomong sama Ucup kok kalian yg sewot ?  bilang aja mau cari muka "   balas safa.
        Yosep pun meninggalkan mereka bertengkar. Dia heran , kenapa disaat2 genting kayak gini masih sempat2nya ...  kemudian dia pun ke dapur untuk membantu Joni menyeduh kopi.
        Tiba tiba tercium wangi yang sangat harum....
        Yosep kenal dengan aroma itu.  Wangi bunga sundel. Semakin lama semakin menusuk hidung.
        "Hei , kalian semua !   Cari kalo ada cermin atau kaca ,  kalo ketemu langsung pecahkan  ! " seru Yosep kepada semuanya.
        "kenapa kak ?   buat apa ? "  tanya Nova.
        "disini ada tanda tanda kemunculan Sundel.  Konon menurut legenda , mereka keluar dari cermin dan kaca "   jelas Yosep berbisik.
        Mereka semua pun ketakutan.
        Sialnya ,   kaca banyak banget disini.     Di lemari , Jendela , angin angin, rak ,  semua ada kacanya.   Dan di dua kamar ada beberapa cermin.   Untuk memecahkan itu semua,  rasanya tidak mungkin.  Belum lagi jika pemilik rumah ini orangnya pulang ,  mereka bisa disangka perampok jika memecahkan kaca kaca.
        Wanginya pun semakin  menyengat.
        Saifuddin dan Joni meminum kopinya dengan cangkir. Setelah itu Joni mengambil sebungkus rokok LA bold dari dalam tasnya.
        "Jon Jon ... ngeris banget sih..   nggak pernah bilang kalo punya rokok.  Rokok gua aja diselep.  Sekarang semua udah habis, baru dikeluarin"   sindir Saifuddin.
        "Bukannya gituu ,  aku kan mengantisipasi keadaan darurat gini ,  jadi harus bisa mengatur "   jelas Joni.
        "ooo "   gumam saif.
        "Jono , mana rokok gua ? " tanya Yosep sambil duduk sehabis memeriksa ruangan.
        "inii "  jawab Joni ,  sambil memberikan rokok LA bold tersebut.
        "lho ?   ini bukan rokok kamu , Jon ? "   heran Saifuddin.
        "hehehe "  Joni tersenyum ..
        "ealaa Jon Jon .... "   kata Saif dan Yosep berbarengan.
        "koreknya mana ? '' tanya Saifuddin
        "nih ... "  Joni memberikan korek gas warna putih
        " lho ?  ini kan korekku yg ilang kemarin ?  ada tulisannya Alfamart " tuduh Saif
        "eh.... oh...eh...  " Joni gugup
        "ealaaa Jon Jon ....   kamu kaya kalo gini caranyaa "   ujar Saif jengkel.
                                            
                                                     *     *     *
     Wangi bunga sundel semakin menusuk ruangan.   Tapi Joni dan Saifuddin masih ribut masalah korek .    Sedangkan Yosep mencoba mulai berdoa,  semoga tidak terjadi hal hal yg nggak diinginkan.
     Nova , Mia , dan Ayu berdoa bersama Yosep , setelah shalat isya' dengan mukena bergantian.., yg dibawa oleh Nova .    Keadaan mulai membaik, wangi tersebut perlahan lahan mulai memudar.
      Safa masih stres karena hapenya nggak ada sinyal sama sekali. Nggak bisa bbm an apalagi fb an ,  sms aja nggak bisa.   Padahal dia ingin update status di facebook untuk keadaannya yg sedang galau di hutan angker ini.
     "gimana inii ?   hapenya nggak ada sinyaal "  katanya.
     "minta bantuin mas Yosep aja,  dia bisa kok ngaturin sinyal hp " jawab Joni
     "Cuuuuuup..... "  panggil Safah kepada yosep. Padahal waktu itu Yosep masih wirid.
     "Sap... kamu punya adab apa nggak sih ? " Nova beranjak dari duduknya, dan marah.
     "aku nggak manggil kamu kok " ujar Safa sinis.
     Yosep terpaksa menyudahi wirid nya , setelah itu mengatur antena sinyal menggunakan alat keping vcd yang disusun diatas wajan kuali.    Dia juga menyuruh Joni dan Saifuddin shalat Isya' .    aneh , wangi bunga itu sudah hilang sama sekali.
     Nova kegirangan ketika hape bb nya mulai ada sinyalnya. Dia pun segera meminta bantuan lewat Facebook, BBM , WA , telepon , sms , ke semua yang bisa dihubunginya. Dia juga meminta bantuan darurat ke nomor polisi dan pemadam kebakaran.
     "lho ?  kok pemadam kebakaran juga ? "  tanya Mia.
     "lu mau ada yg nyelamatin kita kan ? " jawab Safa.
    "yaa ... tapiiii ... " ujar Ayu heran.
     "kak yosep,  makasih yaa...  ternyata kakak pinter buanget " kata Nova
     "ah , jangan gitu , aku cuma lakukan apa yang aku bisa"  ujar Yosep merasa tersanjung.
     "yaudah, berarti kita disini aja sampai datangnya bantuan. Dan sebentar lagi pemilik rumah ini mungkin pulang. Kalian harus bersikap sopan ya"   nasihat Mia.
      

bau busuk menyengat


       Mereka pun duduk dan mengobrol disitu sampai malam semakin larut. Nggak ada satupun yg berani tidur. Mereka saling bercerita pengalaman masing masing, yg berhubungan dengan hal yg berbau misteri. Dan sepakat bahwa inilah pengalaman mistis paling berkesan buat mereka.
       Yang menggaduhkan adalah saat giliran Joni bercerita ,  yaitu kisah tentang pengalaman tetangganya temannya kawannya Joni.   Maksudnya , Joni punya teman, nah... temannya itu punya kawan,  trus , kawannya itu punya tetangga.   Nah , ceritanya itu tentang pengalaman tetangganya temannya kawannya Joni itu.
      Tentu saja mereka semua jadi bingung , nah ...ini bagaimana memahami nya ?
      "udah lah Jon ,  kalo nggak ada yg diceritain mending jangan cerita"  protes Safa.
      "iya tuh...  tetangganya temannya kawan kamu..   gimana sih ?? "tambah Ayu.
          Belum sempat Joni menjelaskan ceritanya , wangi bunga tercium lagi.  Dan kini mereka semua dicekam ketakutan. Saifuddin mengusulkan untuk kembali berdoa dan berdzikir. Keadaan ini sungguh berbeda dari sebelumnya. Karena mulai terdengar suara tawa meringkih dan wangi bunga perlahan memudar,  berubah menjadi bau busuk.
         Semuanya sangat ketakutan.  Namun ekspresi yg paling tampak tertekan adalah Ayu , mungkin karena dialah satu satunya yang benar2 jelas melihat sosok mengerikan sebelum pingsan tadi.   Saifuddin memandangnya iba.   .
       "Nggak akan terjadi apa apa kok,  percayalah "  kata saif meyakinkan.

                                                                  bersambung.....
                                                                           by :   Aghziya  dkk.
    
                                                       

No comments:

Post a Comment